Tuesday 28 February 2012

Persiapan Honda, Yamaha, dan Ducati Sepang II

Honda dan Yamaha kemungkinan akan menjajal chassis baru pada tes pra musim jilid kedua yang diselenggarakan di Sepang mulai besok. Mereka mencoba untuk menyelesaikan masalah chatter dalam pengembangan motor 1000cc mereka. Sedangkan Ducati akan menguji coba perangkat elektronik untuk pembalap dalam tim pabrikan mereka.

Ban Bridgestone baru didesain untuk menghasilkan panas lebih cepat untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh ban dingin yang telah menjadi momok di MotoGP pada musim 2011. Sayangnya ban anyar tersebut juga memicu problem getar (chattering) yang dikeluhkan oleh sebagian pembalap Honda dan Yamaha.
Menurut Shuhei Nakamoto, permasalahan tersebut akan menjadi prioritas Honda dalam tes episode kedua, dan bos Honda tersebut mengatakan: “Masalah chatter dipicu oleh beberapa hal dan biasanya Anda harus mengubah kekakuan rangka, wheel atau forknya, atau bahkan semuanya. Tak mudah untuk menyelesaikan masalah itu karena kami tak tahu mengapa motornya bergetar seperti itu.”
“Casey tak suka spesifikasi ban baru karena adanya chattering. Prioritas nomor satu kami adalah untuk menyelesaikan chatter dan kami belum punya solusinya, Chatter bisa sangat susah untuk diselesaikan, terkadang itu akan menjadi masalah yang misterius.
Menyikapi masalah ini, bos tim Yamaha Wilco Zeelenberg menjelaskan: “Ban baru ini lebih aman dengan adanya lebih banyak grip. Namun masalah chatter tengah dihadapi oleh semua tim, kami perlu menyelesaikannya, namun ini membutuhkan waktu karena dinamis motornya berbeda. Masalah ini dipicu oleh kombinasi ban dan mesin baru. Anda mencoba untuk menyelesaikannya dengan kekakuan sasis yang berbeda dan solusi yang lainnya, namun masalah ini sangat sulit. Untuk mengubah sasis secara konstan agar menyelesaikan masalah itu, berarti Anda bisa kehilangan steering-feel ataupun poin positif lainnya.”
Tak begitu bermasalah dengan chattering dan nampaknya Valentino Rossi sudah kebal terhadap permasalahan tersebut, tim Ducati fokus untuk membenahi elektronik yang akan mendapat update untuk dicoba oleh Valentino Rossi dan Nicky Hayden di tes Sepang Part.2. Minggu lalu, Filippo Preziosi berkesempatan untuk mengawasi jalannya tes privat Ducati di Jerez bersama rider satelit, yakni Hector Barbera dan Karel Abraham serta test rider Franco Battaini.
Filippo Preziosi mengatakan: “Kami beruntung karena kami menjalani tiga hari tes dengan cuaca yang sangat bagus. Itu membuat kami bisa melakukan banyak pekerjaan. Dengan Franco, kami terus melakukan program tes yang sudah direncanakan selama musim dingin, mencoba beberapa aspek elektonik yang tetap akan menjadi bahan pekerjaan kami di Sepang bersama pemabalap pabrikan. Saya pikir kami menemukan beberapa hal menarik yang akan kami tes bersama Vale dan Nicky di Malaysia, di mana kami juga tetap bekerja pada set up motor. Karena kami sudah menyewa trek di Jerez, maka kami juga menawarkan pada pembalap dari tim satelit kami untuk mencoba dan bekerja pada set up motor masing-masing.”
Sementara chrew-chief Valentino Rossi, Jerry Burgess membenarkan kalau daftar pekerjaan teratas yang akan dilakukan Ducati khususnya Valentino Rossi adalah pada elektronik motor GP12 yang bersasis alumunium twin-spar dan diyakini mengalami perubahan pada posisi enginenya. Saat ini Ducati mempunyai beberapa pekerjaan rumah yang belum diselesaikan sepert akselerasi yang sudah dikeluhkan oleh Rossi dan Hayden.
JB mengatakan: “Kita ingin sedikit mendekati gap dan kami tidak jauh dari pembalap Yamaha. Akan ada beberapa update elektronik namun saya tidak melibatkan diri terlalu banyak karena Ducati merupakan perusahaan dan orang-orang dari Italia, jadi lebih baik bertanya langsung kepada Valentino dan ‘grupnya’.
“Valentino sadar akan apa yang sudah dikembangkan Yamaha dan apa yang kami punya di Ducati. Sekarang kami punya motor yang bisa dicoba Valentino jadi kita akan bekerja terhadap power-delivery dan traction-control. Kami punya kebebasan untuk bekerja pada elektronik jadi dari sini engine dan power management kemungkinan menjadi prioritas kami.”
Berita dan hasil terbaru tes pra musim kedua di Sepang, pantau terus MotoGP Race 28 Februari – 2 Maret 2012.

No comments:

Post a Comment

support