Tuesday 7 February 2012

Alasan Penambahan Bobot di MotoGp

Saat pelaksanaan GP Valencia 2011, Grand Prix Comission menggelar rapat yang menghasilkan keputusan kalau bobot minimal motor 1000cc adalah 153 kg, atau tiga kilogram lebih berat daripada motor 800cc.

Peraturan tersebut berlaku hingga off season test yang hanya digelar dua hari setelah seri terakhir MotoGP tersebut usai. Akan tetapi Grand Prix Commission yang terdiri dari Dorna, IRTA, FIM dan MSMA kembali mengadakan pertemuan pada 14 Desember dan di situlah disepakati perubahan regulasi perihal bobot minimum menjadi 157 kg.
Hal ini tentunya mengharuskan seluruh tim untuk menaati aturan penambahan bobot seberat 4 kg tersebut. Semua tim, baik Honda, Yamaha, Ducati maupun CRT tentunya memiliki pekerjaan dan biaya tambahan untuk menyesuaikan dengan aturan yang berlaku mulai 2012, terutama pada saat tes pra musim di Sepang.
Baru-baru ini Casey Stoner kecewa dengan keterlambatan pengambilan keputusan baru tersebut, karena regulasi penambahan bobot sebesar 4 kg dinilainya seharusnya diumumkan sebelum tes Valencia agar Repsol Honda maupun tim yang lain tidak perlu mengeluarkan dana dan tenaga untuk kembali mengembangkan motor yang sesuai dengan spesifikasi minimum 157 kg tersebut di saat mereka telah membuat motor berbobot minimal 153 kg.
Terlepas dari sindiran Stoner yang menganggap keterlambatan pengesahan aturan ini menguntungkan pihak lain, pada kenyataannya Ducati telah mempunyai sebuah program untuk mendesain ulang motor GPZero selepas tes Valencia untuk dijadikan GP12. Berdasarkan informasi dari Vittoriano Guareschi dan Filippo Preziosi, desain motor baru selesai sebelum Natal (25 Desember). Tentu Ducati juga harus menunggu keputusan Grand Prix Commission pada 14 Desember. Ini berarti Ducati mempunyai waktu kurang lebih 11 hari (antara 14-25 Desember) untuk mendesain ulang motor GP12 agar sesuai dengan peraturan yang disepakati untuk diberlakukan mulai tes pra musim yang pertama.
Terlebih, GP12 diklaim merupakan motor yang fleksibel, sehingga lebih mudah bagi Ducati untuk melakukan perubahan sesuai yang dikehendaki Grand Prix Commission. Walaupun begitu bukan berarti Ducati tidak memerlukan tenaga dan dana ekstra demi menaati aturan baru tersebut.
CEO Dorna, Carmelo Ezpelata menjelaskan kalau terjadi kesalahpahaman dalam Grand Prix Commission sehingga pengambilan keputusan ‘sangat terlambat’. Seperti halnya Guareschi, Ezpelata juga mengatakan kalau peraturan penambahan bobot minimal tersebut bertujuan untuk membantu motor CRT yang sejatinya memiliki mesin yang lebih berat ketimbang prototype yang menyulitkan mereka untuk mengurangi bobot hingga 153 kg, seperti peraturan yang sebelumnya.
Ezpelata mengatakan, “Ada sebuah usulan yang dibuat oleh Dorna dan IRTA, pada rapat GP Valencia untuk meningkatkan bobot minimum menjadi 160 kg. Karena sulit dan mahal bagi motor CRT (privateer) untuk mengurangi bobot mereka. Jadi jika semuanya membalap dengan bobot minimum yang sama, maka akan membantu CRT.
“Kami telah mengajukan proposal peningkatan bobot motor, namun MSMA mengatakan kalau keputusan itu ditentang MSMA. Jika MSMA tak sepakat, Grand Prix Comission tidak dapat menyetujui peraturan tersebut, karena ini merupakan sebuah aturan teknis.
“Selanjutnya ketika saat-saat terakhir, usulan tersebut menjadi tidak disetujui oleh mayoritas. Jika oposisi MSMA tidak sepakat, kami tak punya kewajiban untuk mengikuti keputusan mereka.
“Kemudian pada rapat Grand Prix Comission pada Desember kami meminta maaf karena salah paham terhadap apakah keputusan MSMA disepakati atau tidak. Saya menganggap jika mereka tidak setuju kami mempunyai hak untuk memaksakan aturan tersbut.
“Akhirnya, bukan 160 kg melainkan 157 kg (untuk 2012) disepakati oleh mayoritas Grand Prix Commission.”
Penambahan bobot ini tentu akan lebih menyusahkan Dani Pedrosa yang memiliki postur tubuh lebih kecil. Pembalap Spanyol tersebut menjelaskan, “Anda bisa merasakan penambahan bobotnya saat mengerem dan ketika berbelok. Ini merupakan aspek positif kecil dari perubahan kapasitas silinder, namun kami akan beradaptasi dengan aturan tersebut.
“Sebenarnya 1000cc lebih sulit untuk dibesut. Saya harus memperkuat bahu setelah mengalami cedera yang saya dapat musim lalu. Saya telah mencoba untuk mendapatkan dasar fisik yang bagus untuk menahan bebannya. Saya telah bisa mengetahui tuntutan dalam membalap dengan motor tersebut pada tes (Sepang I) dan memiliki petunjuk mengenai apa yang perlu saya benahi.”

No comments:

Post a Comment

support