Thursday 23 February 2012

Elektronik Buat Gp12 Rossi sudah Siap

Ducati mengklaim hasil tes 3 hari di Sirkuit Jerez, Spanyol, yang berakhir Rabu (22/2), memuaskan. Pabrikan Italia ini menurunkan Franco Battaini (test rider Ducati Team), Karel Abraham (Cardion AB Motoracing), dan Hector Barbera (Pramac Racing).

Battaini ditugasi mengetes komponen baru untuk GP12 yang bakal digeber Rossi dan Hayden pada tes pramusim MotoGP II di Sirkuit Sepang, Malaysia, 28 Februari-1 Maret.

Tapi, Battaini tak menunggangi GP12 di Jerez, melainkan GP11.1 yang dipakai Rossi pada paro kedua musim 2011 dengan sedikit modifikasi, terutama elektronik. General Manager Ducati Corse Filippo Preziosi kontan puas terhadap hasil tes Battaini.

Kini Ducati tinggal bekerja sama dengan Rossi dan Hayden untuk menemukan set-up motor yang cocok buat masing-masing.

"Kami beruntung karena cuaca sangat kondusif selama 3 hari tes. Ini memungkinkan kami bekerja total. Dengan Battaini, kami melakukan program tes yang dirancang untuk Test Team selama musim dingin. Battaini ditugasi menjajal sejumlah aspek elektronik yang akan diteruskan para pembalap pabrikan (Rossi dan Hayden) di Sepang," kata Preziosi.

"Saya rasa kami menemukan beberapa hal menarik yang akan segera kami konfirmasikan dengan Rossi dan Hayden di Malaysia. Di Sepang, kami juga akan fokus mengembangkan set-up motor," sambungnya.

Hayden sendiri awalnya dijadwalkan ikut tes di Jerez. Tapi, ini batal karena pembalap Amerika Serikat ini masih dalam tahap pemulihan cedera bahu kiri yang beberapa waktu lalu dioperasi.

Berbeda dari Battaini yang turun penuh di ketiga hari tes, Abraham dan Barbera bergantian menggeber GP12 customer (untuk tim satelit Ducati). Apesnya, Abraham yang kebagian tes pada Selasa (21/2) terjatuh dan GP12 terbakar. Untungnya, Barbera yang awalnya dikhawatirkan tak bisa ikut tes karena GP12 rusak, akhirnya bisa berujicoba setelah mekanik Ducati bekerja keras semalam suntuk memperbaiki GP12. 

Hasilnya pun tak fantastis. Barbera sukses jadi pembalap tercepat pada Hari III atau hari terakhir tes di Jerez. Eks rider Aspar Team ini mencetak waktu 1 menit 40,0 detik. Barbera hanya lebih cepat 0,300 detik dari Randy de Puniet yang memacu motor CRT milik ART-Aspar Team.

No comments:

Post a Comment

support