Thursday 23 February 2012

Flamigni: Tunggu Revans Rossi

Jebloknya musim 2011 jadi pelecut Rossi dan kru-nya di Ducati untuk meraup sukses di 2012. Mereka makin yakin sanggup mewujudkannya berkat potensi besar yang ada pada Ducati Desmosedici GP12.

Ini diutarakan Flamigni yang sudah 9 musim menjadi telemetri engineer Rossi. Flamigni jadi orang yang bertanggung jawab langsung terhadap performa Il Dottore di lintasan.

Itu sebabnya, Flamigni salah satu orang yang paling kecewa dengan hasil buruk tahun lalu. Tapi, ia sesumbar GP12 bakal membantu Rossi melampiaskan revans alias balas dendam demi merasakan kembali kemenangan yang gagal diraihnya di 2011.

"Saya yakin Rossi bisa bertarung demi titel juara MotoGP 2012. Performa GP12 pada tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, awal Februari, dan gairah menghapus mimpi 2011 jadi petanda kami bakal mengeruk sukses di 2012," ucap Flamigni, Senin (20/2).

Ia melanjutkan, "GP12 masih 'muda', tapi sangat potensial untuk dikembangkan lagi. Kami terus mengembangkan berbagai aspek macam elektronik, sasis, dan akselerasi demi memangkas jarak dari Honda dan Yamaha. Tanda-tanda kesuksesan sudah jelas. Rossi kini lapar melakukan revans dan kemenangan. Saya sangat yakin satu-satunya yang kami akan raih tahun ini adalah juara."

Flamigni membela Ducati yang dikritik sebagian fans-nya karena telah meninggalkan filosofi pengembangan motor lansiran pabrik di Borgo Panigale, Bologna, Italia, itu. Kritik ini dipicu keputusan Ducati menyingkirkan sasis serat karbon dan memakai asis deltabox (alumunium twin-spar) mirip yang digunakan Honda dan Yamaha. Pihak Ducati sendiri mengklaim sasis mereka tak sepenuhnya sama dengan lansiran pabrikan Jepang. Ini alasan sasis alumunium twin-spar ala Ducati ini belakangan disebut Desmobox.

Flamigni menyebut peralihan ke sasis deltabox/desmobox jadi satu-satunya solusinya membuat GP12 kompetitif. Sasis jenis ini mempermudah penyetelan komponen lain ketimbang sasis serat karbon.

"Sejarah memang mencatat sasis deltabox memang ciri khas motor Jepang. Tapi, Ducati membuat sejumlah detail lain agar sasis itu cocok buat motor mereka. Semua elemen di Ducati (pembalap, tim, dan mekanik) sepakat bahwa agar motor kompetitif, kami harus memakai sasis ala Jepang. Di level kompetisi tinggi MotoGP, kecepatan membuat perbedaan besar. So, kami wajib mengikutinya," papar Flamigni.

"Dalam seluruh aspek, GP12 adalah 100% karakter Ducati. Sasis deltabox didesain dan dibuat oleh departemen balap. Begitu pula dengan mesin dan komponen lain. Para engineer bekerja di pabrik Ducati di Borgo Panigale. Jadi, saya tegaskan citra Ducati justru makin kuat dengan perubahan yang dilakukan," pungkasnya.
sumber : http://www.cekskor.com/news/read/13648/flamigni-tunggu-revans-rossi

No comments:

Post a Comment

support