Monday 6 February 2012

Jorge Lorenzo di Hantui speed

Pembalap Yamaha Factory Jorge Lorenzo menginginkan agar top speed motor baru berkapasitas 1000cc dikurangi oleh penyelenggara MotoGP sebagai langkah keamanan untuk para pembalap.

Tes pra musim pertama 1000cc yang berlangsung di Sepang telah disambut antusias oleh partisipan yang akan menjalani rivalitas dalam musim 2012.
Tak terkecuali Lorenzo yang menyambut optimis perkembangan motor M1 yang dipakainya dalam mewujudkan ekspetasinya untuk merengkuh titel juara dunia yang kedua.
Akan tetapi, Lorenzo mengatakan, “Saya tidak senang dengan top speednya. Kita perlu menguranginya jika menginginkan keselamatan dalam kategori ini.”
Saat melakukan tes pra musim hari terakhir juara dunia MotoGP 2011 Casey Stoner dengan mudah mematahkan rekor catatan waktu Valentino Rossi yang diciptakannya di Sepang pada tahun 2009 ketika membalap dengan motor berkapasitas 800cc. Sayangnya catatan waktu yang diraih Stoner dengan mengungguli hampir satu detik dari rekor yang sebelumnya tersebut tidak akan dicatat sebagai rekor baru yang resmi mengingat waktu tersebut diraihnya di luar kompetisi balapan.
Sedangkan juara dunia sebanyak sembilan kali Valentino Rossi santai dalam merespon aspek keselamatan terhadap motor yang bisa melaju dengan kecepatan 320 kmh-1 tersebut dengan mengatakan, “Kita bisa melakukan slide dan motornya jadi lebih menyenangkan. Saya suka 1000cc. Tipe mesin tersebut memiliki torsi yang lebih baik dan kontrol lebih baik. Bagi saya, kecepatan akan mengesankan dan saya tidak berpikir kalau hal ini akan lebih membahayakan.”
Race director FIM Mike Webb mengatakan kalau transmisi pada mesin yang lebih besar akan lebih halus yang mempermudah untuk berpindah perseneling sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Webb mengatakan, “Kami sangat senang dengan tingkat keamanannya dan kemungkinan untuk memicu hal yang tidak diinginkan sangat, sangat rendah.
“Kita sedang berada di permulaan era 1000cc. Para pembalap merasa nyaman terhadap motornya. Penonton tentunya akan semakin menikmati balapan dan motornya akan lebih aman dan mudah untuk dipakai balapan.”
Kapasitas mesin di kelas MotoGP dinaikkan dari 500cc ke 990cc pada tahun 2002 namun kembali diturunkan menjadi 800cc pada tahun 2007 untuk memangkas biaya dan corner-speed.Jorgr

No comments:

Post a Comment

support