Wednesday 28 March 2012

Akankah ada Keajaiban Qatar Untuk Rossi?

Valentino Rossi memperingatkan kalau Ducati tidak akan mendapat keajaiban saat balapan pertama MotoGP 2012 bergulir di bawah sorot lampu yang menyinari sirkuit Losail, Qatar pekan depan.

Pembalap asal Italia tersebut meragukan kalau Ducati akan mengikuti jejak Fernando Alonso yang mengantar tim Ferrari memenangkan balapan Formula 1 GP Malaysia minggu lalu.
Mirip seperti yang mendera tim Ducati di MotoGP, tim Ferrari dinilai belum cukup kompetitif untuk dapat bersaing di musim 2012. Akan tetapi kejutan datang saat balap F1 seri kedua yang diselenggarakan di Sirkuit Sepang, dimana dalam race yang sempat diguyur hujan deras tersebut, Fernando Alonso akhirnya mampu menaiki podium puncak setelah perjuangan berat yang harus mereka lalui dalam tes pra musim.
Dengan kondisi cuaca padang pasir di malam hari yang dingin dengan peluang turunnya hujan yang amat tipis, Valentino Rossi meragukan turunnya sebuah mukjizat yang menuntunnya untuk dapat menjadi jawara., Valentino Rossi merasa kesulitan untuk dapat menaiki podium Qatar meskipun targetnya pada musim ini adalah untuk bisa bertarung memperebutkan posisi tiga besar.
Valentino Rossi berkata pada Gazzetta dello Sport: “Saya tidak tahu apakah memungkinkan bagi kami untuk membuat keajaiban (seperti Ferrari) saat balapan MotoGP di Doha nanti.
“Kami tidak terlalu senang seperti pada tes di Sepang yang pertama dan tidak terlalu sedih seperti saat melakukan uji coba di Sepang yang kedua. Inilah situasi yang kami rasakan saat ini.
“Saya sudah memberi tahu Filippo Preziosi apa saja yang tidak berfungsi. Setelah menjalani tes pertama di Malaysia, seseorang memiliki ide yang hebat yang malah mengacaukan segalanya.
“Kami memulai tes di Jerez dengan ide saat tes di Sepang kedua yang ternyata merupakan arah pengembangan yang salah.
“Hujan pada hari kedua membuat kami kehilangan banyak waktu jadi pada hari ketiga kami melakukan semua yang belum sempat kami kerjakan. Saat kami mulai mencapai hasil yang lumayan, kami kehabisan waktu dan ban.
“Setidaknya saya melakukan simulasi balap selama beberapa lap. Jika semuanya berjalan dengan baik maka kami akan melakukannya lagi di Qatar.
“Janganlah kita melupakan kalau motor ini diuji di atas lintasan hanya selama beberapa hari. Jadi kami berharap bisa memperbaiki motornya sepanjang musim ini.”
Valentino Rossi menyelesaikan tes pra musim terakhir MotoGP di posisi enam besar dan menyisakan gap 0.9 detik dari Casey Stoner yang menjadi pembalap tercepat saat itu.
Gejala understeer namun feeling pada sektor depan yang membaik masih belum memberikan kepercayaan diri yang maksimal bagi Rossi untuk berbelok saat menunggangi motor Desmosedici GP12 yang mengadopsi rangka alumunium twin spar dan mengalami perubahan desain serta mempertahankan konfigurasi mesin V90 derajat tersebut.
Berikut ini merupakan catatan waktu yang dicetak Valentino Rossi saat melakukan simulasi balap singkat di Sirkuit Jerez:
1. 1:46.703
2. 1:40.965
3. 1:40.756
4. 1:40.907
5. 1:40.925
6. 1:40.935
7. 1:41.113
8. 1:40.968
9. 1:41.207
10. 1:41.075
11. 1:41.196
12. 1:41.174
13. 1:41.608
14. 1:41.497
Rata-rata: 1.41.102
Berita terbaru seputar tes pra musim Jerez dan menjelang Grand Prix Qatar,

No comments:

Post a Comment

support