Monday 12 March 2012

Takkan Ada Penambahan Bahan Bakar

CEO Dorna, Carmelo Ezpelata mengatakan tidak akan ada peningkatan kapasitas bahan bakar di MotoGP pada musim ini.

Peningkatan kapasitas mesin dan tenaga yang lebih besar dari motor 1000cc cenderung mengonsumsi bahan bakar yang lebih boros ketimbang motor 800cc. Para pabrikan yang berpartisipasi di ajang MotoGP ditantang untuk dapat menghemat pemakaian bahan bakar.
Jumlah bahan bakar yang boleh dipergunakan untuk motor prototype pada era 1000cc setara dengan motor 800cc, yakni 21 liter. Sedangkan motor CRT diijinkan untuk membalap dengan tanki berkapasitas 24 liter.
Muncul sejumlah kekhawatiran terhadap kapasitas bahan bakar yang tidak mengalami pertambahan yang dapat meningkatkan resiko untuk gagal finish saat balapan akibat kehabisan bahan bakar.
Casey Stoner, misalnya. Juara dunia MotoGP pada musim lalu tersebut mengaku kalau tidak adanya penambahan kapasitas bensin di era 1000cc akan menyulitkan pembalap maupun tim untuk dapat menyelesaikan balapan di setiap race-nya.
Pembalap Repsol Honda tersebut menjelaskan: “Tentunya saat Anda memiliki motor dengan tenaga yang lebih besar, terdapat aspek penting yang terlibat, yakni mendapatkan performa motor yang sama dengan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit.
“Kami memiliki kapasitas tanki bahan bakar yang sama dengan motor 800cc. Adanya lebih banyak tenaga menyebabkan kami kesulitan untuk bisa memastikan kalau kami bisa finish di setiap balapan.. Itulah mengapa pemakaian bahan bakar merupakan hal yang penting bagi Honda dan Repsol yang sedang berusaha mencari solusi terbaik.”
Di saat para insinyur dipusingkan oleh peraturan tersebut, CEO Dorna, Carmelo Ezpelata mengaku tidak akan meningkatkan alokasi bahan bakar dan jumlah mesin yang boleh dipakai dalam satu musim meski dirinya mendapat desakan dari pabrikan untuk menguntungkan pihak pabrikan itu sendiri.
Carmelo Ezpelata menjelaskan: “Saya takkan meningkatkan batas pemakaian bahan bakar maupun jumlah mesin yang boleh dipakai tim pabrikan, kecuali tim privat mendapatkan kompensasi atas keuntungan dari penambahan ini.
“Mengenai bahan bakar, Direksi teknis Dorna, Corrado Cecchinelli, sudah meyakinkan kepada saya kalau motor CRT tidak memerlukan bensin lebih dari 24 liter, jadi saya tidak akan meningkatkan kapasitas bahan bakar lebih dari 21 liter untuk tim pabrikan. Itulah batasan yang sudah mereka atur. Mereka harus bisa bertahan dengan aturan itu.”

No comments:

Post a Comment

support