Saturday 3 March 2012

Demi Komponen Baru Ducati Bekerja Nonstop

GM Ducati Corse, Filippo Preziosi memastikan kalau Duacti tengah bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu untuk bekerja dalam pengembangan proyek motor GP12. Tetapi ia memperingatkan kalau update motor 1000cc yang radikal tersebut belum akan siap dipergunakan selama beberapa awal seri balapan MotoGP 2012.

Ducati mengembangkan proyek motor 1000cc lebih lambat daripada para kompetitor mereka. Hanya selama tiga bulan Ducati dapat menyiapkan motor terbaru GP12 yang mulai dapat diuji oleh Valentino Rossi dan Nicky Hayden saat tes pra musim pertama di Sepang awal Februari lalu. Untuk itulah pengerjaan komponen baru tersebut sangat bergantung pada masukan para pembalap yang melakukan uji coba.
Sayangnya pekerjaan yang menjadi bagian program Ducati dalam tes pra musim kedua MotoGP di Malaysia tidak maskimal akibat kondisi lintasan yang lebih buruk daripada tes jilid pertama dan turunnya hujan tropis. Filippo Preziosi mengatakan: ”Sayangnya tes kali ini tidak berjalan seperti yang diharapkan karena cuaca buruk pada hari pertama dan kedua. Hari ini kami sedikit beruntung. Tentu saja kami memerlukan lebih banyak tes daripada tim yang lainnya, karena kami perlu memperdekat gap. Tapi kami pikir kami punya dasarnya. Sekarang kami harus bekerja dengan benar pada landasan tersebut untuk memahami bagaimana kami harus mengembangkannya. Kami punya sebuah rencana untuk masa depan dan akan mengubah rencana tersebut tergantung komentar dari para pembalap.
Preziosi telah menjelaksan kepada Rossi jikalau update komponen baru akan siap setidaknya setelah seri Portugal ataupun GP Prancis bergulir. Nampaknya Rossi merasa sedikit kecewa mengingat dirinya mengharapkan dapat menguji komponen baru tersebut pada tes Jerez atau balapan pertama di Qatar.
Preziosi menjelaskan: “Saya memberitahu Valentino kemarin (Rabu) mengenai apa yang kami lakukan untuk ke depannya. Setelah akhir musim lalu, kami sudah menyelesaikan desain motor dan untuk tes Sepang kami mulai merancang komponen baru. Terdapat beberapa poin utama yang kami yakini dapat dibenahi dan untuk alasan itulah saya memberi tahu Valentino apa yang kami sedang lakukan dan memberikan perkiraan kapan (komponen baru) tersebut akan siap diperkenalkan. Tentu saja pengerjaan terhadap komponen baru tersebut bergantung pada hasil tes awal. Kalau komponen tersebut diuji setelah race ketiga mungkin sedikit lebih cepat.
Filippo Preziosi menegaskan tekad Ducati untuk menjunjung para pembalapnya agar berkesempatan mencicipi serunya pertarungan papan atas melawan para kompetitornya, yakni Honda dan Yamaha, dan Preziosi menambahkan: “Kami memiliki tiga kelompok perancang, yang terdiri dari bagian engine, chassis, dan elektronik. Dan kelompok perancang tersebut bekerja non-stop, jadi kami pasti akan terus menyediakan komponen baru untuk seluruh area tersebut. Kami tahu para pembalap kami melakukan kerja bagus untuk bertarung di posisi atas, jadi kami sedang bekerja agar para pembalap dapat bertarung di posisi terdepan.
“Kompetitor kami sangat tangguh dan Honda dan Yamaha bisa menyamai kecepatan dengan gap yang dekat. Jorge sedikit lambat selama melakukan satu putaran saja, tetapi dia punya kecepatan balapan yang bagus. Jadi saya pikir mungkin dia bisa bertarung dengan Casey. Tapi tentu saja Casey tetap yang terkuat selama tes kali ini da dia adalah juara dunia. Jadi semuanya menjadikannya jagoan favorit.”

No comments:

Post a Comment

support