Monday 12 March 2012

Ada Batasan Ducati Tak Bergairah Ikuti Motogp

Semua pabrikan yang berpartisipasi di kejuaraan MotoGP merasa ketar-ketir terhadap rencana diberlakukannya pembatasan ECU dan rev limit sebesar 16.000 rpm karena pengembangan teknologi sangat penting bagi para pabrikan. Jika pembatasan seperti tersebut berlaku untuk musim 2013 maka para pabrikan mengancam untuk hengkang dari kejuaraan MotoGP, tak terkecuali Ducati.

Tentunya diperlukan diskusi lebih lanjut mengenai proposal aturan tersebut, terlebih tujuan dari pembatasan ECU maupun rpm adalah untuk mengurangi kesenjangan antara motor prototype dan motor berbasis produksi CRT. Tak hanya itu, diharapkan ongkos pengeluaran untuk penyelenggaraan balapan lebih bisa ditoleransi di saat kondisi ekonomi dunia sedang tidak bersahabat.
Sayangnya dengan adanya pembatasan tersebut dapat mengurangi kreatifitas pabrikan untuk mengembangkan teknologi mutakhir dimana MotoGP mereka jadikan ladang untuk bereksperimen.
Filippo Preziosi mengatakan: “Ducati bergabung di MotoGP karena ada kesempatan untuk mengembangkan teknologi di sana, dan Panigale tidak akan lahir tanpa pengalaman yang didapat melalui partisipasinya di MotoGP. Jika Anda membatasi semuanya maka Anda dapat menghilangkan ketertarikan perusahaan ini untuk ikut di MotoGP.
“Harus ada sebuah rundingan. Aturan seperti ECU standar menarik dari sisi biaya yang harus dikeluarkan dan lebih menyeimbangkan performa antara motor yang ikut di MotoGP. Di sisi lain, Anda bisa menghilangkan sebagian besar minat karena strategi pengembangan di MotoGP diperuntukkan untuk motor produksi.
“Kami sedang berusaha untuk membahas seputar biaya dan minat dalam mengikuti kejuaraan ini. Tidak adanya rev limit dan elektronik yang bebas merupakan dua hal yang sangat penting, akan tetapi kita juga harus tetap mengontrol biaya. Setiap pilihan yang ada mengharuskan semua yang terlibat untuk merundingkannya.”
Petinggi Dorna akan membahas tentang peraturan baru yang telah diusulkan untuk diberlakukan mulai 2013 bersama Ducati, Honda dan Yamaha saat pre season test terakhir MotoGP yang berlangsung di Jerez akhir Maret mendatang.
Launching motor Ducati GP12 di Borgo Panigale akan dapat disaksikan secara live streaming melalui jejaring sosial Facebook TIM fan page pada 19 Maret pukul 13.00 waktu Italia.

No comments:

Post a Comment

support