Tuesday 6 March 2012

Yamaha Punya Gearboks Ala Honda dan Ducati?

Desas-desus yang beredar saat tes pra musim kedua MotoGP di Sepang menyatakan kalau Yamaha melakukan uji coba pada gearbox seamless shift. Tetapi Yamaha membantah kalau mereka mulai mengadopsi sistem transmisi seperti yang dipergunakan oleh Honda dan Ducati tersebut.

Bos Tim Jorge Lorenzo, Wilco Zeelenberg membenarkan kalau Yamaha menguji girboks baru pada tes yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, tetapi Zeelenberg menepis rumor yang menyebut Yamaha beralih ke sistem seamless shift.
“Memang kami sedang berusaha membenahi area tersebut, tetapi kami tidak memiliki sistem seamless shift. Ada banyak cara untuk bisa membenahi girboks tersebut bila memakai sistem yang demikian tetapi sangat mahal untuk memiliki gearbox baru seperti itu dan kami tak memilikinya. Kami juga tak punya patokan untuk memakai gearbox yang bagaimana tetapi pada dasarnya kami mencoba untuk memperhalus perpindahan gear.”
Honda mengadopsi sistem seamless shift sejak awal musim 2011. Rider baru Honda Alvaro Bautista dan Stefan Bradl mengaku terkesan dengan gearbox tersebut.
Walau tidak memakai sistem seamless, crew chief Valentino Rossi, Jeremy Burgess yang pernah bekerja dengan Yamaha mengungkapkan: “Sayang sekali kalau Anda berpikir gearbox Yamaha tidak spesial. Yamaha punya sistem yang smooth dan handal. Saya cukup beruntung bisa mengetahui sistem yang dipakai Yamaha dan beberapa gearbox yang dipergunakan tim jempolan di F1. Berdasarkan yang saya ketahui, jika dibandingkan dengan gearbox tim F1 tersebut, maka Yamaha sudah melakukan sebuah pekerjaan yang bagus.”

No comments:

Post a Comment

support