Thursday 29 March 2012

Jangan Remahkan Ducati

Pernat masih menyimpan keyakinan bahwa Ducati bakal kompetitif. Tapi, salah satu dedengkot tim Italia ini menyebut GP12 butuh 4-5 race untuk membuktikan itu.

"Saya menentang arus terkait penilaian terhadap Ducati. Saya rasa kita tak bisa dengan cepat memvonis sebuah pabrikan yang membangun sebuah motor dalam 2 bulan hanya karena tes tak berjalan sesuai harapan mereka," kata Pernat beberapa waktu lalu.

"Jangan lupa bahwa Honda butuh 5 tahun untuk menjuarai era 800cc. Mereka membuat banyak kesalahan di sasis sepanjang proses jadi juara. Kita harus memberi Ducati waktu. Setelah 4-5 race, baru kita bisa mulai menilai Ducati. Valentino Rossi sangat dikritik. Namun, saya yakin ia tetaplah salah satu pembalap yang berpotensi bersaing di pacuan juara dengan motor kompetitif," lanjutnya. Pernat memang tak menutup mata terhadap hasil tes minor Ducati di pramusim. Ia mengakui Yamaha dan Honda atau Jorge Lorenzo dan Casey Stoner layak difavoritkan juara di 2012.

"Pertarungan tahun ini antara 2 pembalap, Stoner dan Lorenzo, dengan Dani Pedrosa membayangi tepat di belakang mereka. Yamaha adalah pabrikan yang paling efektif selama musim dingin. Mereka membangun motor dengan keseimbangan sempurna. Lorenzo pun merupakan pembalap paling komplet saat ini karena berkurangnya tekanan kepadanya. Sejumlah pembalap lain akan saling kejar. Saya pun berharap banyak dari Andrea Dovizioso (Yamaha Tech 3), sekali pun ia cuma di tim satelit," paparnya.

"Sisi negatifnya: saya rasa kualifikasi bakal kacau dengan adanya CRT di lintasan pada 5-10 menit terakhir. Mereka ada di posisi berbahaya. Itu sebabnya, kita mungkin akan melihat banyak friksi antarpembalap," pungkas Pernat.

No comments:

Post a Comment

support