Saturday 2 June 2012

Grip Ban Belakang Membuat Rossi Galau


Kurangnya daya cengkeram belakang pada motor Ducati GP12 membuat Valentino Rossi dihadapkan dengan situasi dilematis.

Walaupun menyelesaikan sesi latihan bebas Hari Jumat di posisi ke-12, tetapi Rossi mengatakan kalau catatan waktunya yang terpaut 1.4 detik dari sang pacesetter Jorge Lorenzo tidak ‘seburuk seperti realita yang ada’. Pasalnya, Valentino Rossi memakai ban keras di saat pembalap yang mendominasi peringkat atas mempergunakan ban soft dalam sesi free practice kedua yang digelar pada cuaca terik tersebut.
Usai menjalani sesi FP2 Grand Prix Catalunya, Juara dunia MotoGP sebanyak sembilan kali tersebut mengatakan: “Hari ini hasil yang kami dapat cukup negatif. Hasilnya tidak seburuk seperti kelihatannya karena pada sore hari kebanyakan pembalap mempergunakan ban lunak dan bisa menurunkan catatan waktu mereka. Tetapi saya tetap memakai ban keras sebagai pekerjaan pada set up yang ditujukan untuk balapan nanti. Karena alasan ini, saya berada di posisi lebih belakang dari yang saya perkirakan. Namun kami tidak melaju sangat kencang.”
Rasa galau yang dihadapi Rossi kali ini adalah kurangnya grip belakang dimana mereka telah berusaha melakukan sejumlah modifikasi untuk menyiasati permasalahan tersebut. Tetapi sayangnya, usaha tersebut membuat Rossi kehilangan front end feeling.
“Kami sangat menderita dengan masalah grip belakang,” ujar pembalap berusia 33 tahun tersebut. “Namun tiap modifikasi yang kami coba sore ini memilki pengaruh buruk terhadap front end feel. Saya kehilangan feeling dan kami harus kembali ke pit saat terakhir kalinya keluar lintasan. Namun kami tak cukup cepat.
“Kami cukup cemas karena kami harus memahami cara untuk meningkatkan grip belakang tanpa kehilangan front end feeling. Kami harus menyelesaikan masalah grip belakang tanpa harus mengorbankan bagian depan.”
Valentino Rossi menemukan kemajuan pada corner entry saat dirinya memakai swingarm aluminium dalam tes di Mugello beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi kemajuan yang ia dapatkan melalui pemakaian aluminium swingarm tidak dirasakannya di Sirkuit Catalunya.
Valentino Rossi berkata: “Dengan memakai swingarm di Mugello saya memperoleh keuntungan, terutama saat memasuki tikungan. Tetapi sayangnya di sini saya tidak dapat merasakan manfaatnya. Mungkin kami bisa kembali memakai swingarm karbon besok dan mencoba kembali aluminium saat tes Hari Senin dan juga pada sesi uji coba di Aragon dengan waktu yang lebih banyak.”
Bagaimanapun Valentino Rossi merasakan dampak positif dari penggunaan elektronik baru yang ia coba di Mugello sebelumnya. Piranti Elektronik yang dipakainya dapat sedikit membantu memperhalus tenaga buas Desmosedici, tetapi The Doctor masih belum dapat memaksimalkan penggunaannya akibat terlalu banyak mengalami wheelspin.
Pembalap bernomor motor #46 itu menambahkan: “Elektroniknya membantu saya dalam akselerasi dan motornya lebih mudah untuk dikendarai namun kami memerlukan grip lebih banyak dari settingan ini dan inilah permasalahan utama bagi kami. Dengan adanya jumlah wheelspin yang kami alami, elektroniknya cukup membantu walaupun hanya sedikit. Untuk menggunakan potensi elektroniknya, kami memerlukan lebih banyak grip dan saya menyukai elektroniknya serta akan tetap memakainya.

No comments:

Post a Comment

support