Friday 29 June 2012

Ducati Tak Lakukan Perubahan Radikal Di Laguna Seca

Ducati menyangkal adanya perubahan radikal pada motor Desmosedici GP12 yang akan dipergunakan Valentino Rossi dan Nicky Hayden untuk membalap di MotoGP Amerika Serikat yang bakal diselenggarakan di Sirkuit Mazda Raceway Laguna Seca, akhir Juli mendatang.

Awal musim lalu, Filippo Preziosi telah menjelaskan rencana Ducati untuk melakukan upgrade motor GP12 untuk membalap di Laguna Seca.
Beberapa waktu yang lalu dalam uji coba privat yang digelar di Mugello, duo rider Ducati telah menjajal modifikasi baru mesin GP12. Tetapi baik Rossi maupun Hayden mengaku kalau mesin baru tersebut belum cukup untuk menjinakkan tenaga agresif motor GP12.
Untuk seri Laguna Seca, bos tim Ducati, Vittoriano Guareschi memastikan kalau Ducati tidak akan menggelontorkan perubahan drastis.
Pekan lalu di Mugello, test rider Ducati, Franco Battaini berkesempatan menguji coba modifikasi baru pada mesin yang akan dipersiapkan untuk dipakai Nicky Hayden dan Valentino Rossi di California.
Vittoriano Guareschi menjelaskan: “Minggu lalu kami melakukan tes bersama Battaini, namun kami tidak sedang bekerja pada mesin (yang sepenuhnya) baru ataupun mesin yang mengadopsi desain selain 90°V. Tak perlu mengubah sudut mesin untuk memodifikasi karakteristik mesin tersebut. Mesinnya takkan berubah drastis. Bahkan di Laguna Seca nanti, mesinnya akan tetap sama, hanya mendapat sedikit modifikasi secara mekanik.”
Nicky Hayden tidak terlalu berharap adanya perubahan radikal pada tunggangannya untuk menjalani balapan kandang dan ia berkata: “Mungkin saja kami akan mendapatkan sejumlah upgrade untuk seri Laguna Seca. Namun sesungguhnya, benar-benar tak ada rencana untuk menurunkan motor baru maupun mesin baru untuk Laguna Seca.
“Semoga kami akan bisa mengetesnya setelah balapan di Mugello dan mungkin memiliki sejumlah update untuk dicoba. Tetapi takkan ada motor baru atau sesuatu yang radikal untuk Laguna Seca.
“Kami hanya harus tetap bekerja dengan apa yang kami punya dan memperoleh potensi maksimal dari hal itu.”
Nicky Hayden mengaku kalau gap antara Ducati dengan para kompetitor mereka tak jauh berubah jika dibandingkan dengan musim lalu. Walaupun begitu, Hayden merasa menikmati balapan di Silverstone lalu.
Di Assen yang notabene sirkuit yang pernah ia kuasai, Nicky Hayden akan fokus untuk memperlama ketahanan ban.
Juara dunia MotoGP 2006 tersebut berkata: “Ini bukanlah musim yang mudah. Kadang-kadang kami merasa sudah membuat kemajuan namun para kompetitor kami juga mengalami hal yang sama. Kami melakukan uji coba untuk mempelajari sejumlah hal, tetapi pembalap lain juga melakukan perbaikan. Sesungguhnya, gap yang ada saat ini sangat mirip dengan awal musim lalu.
“Tetapi di Silverstone, di lap kelima atau kedelapan saat membalap di race, saya merasa melaju dengan cepat setelah tak pernah melaju sekencang itu dalam waktu yang lama. Saya menikmatinya. Motornya bekerja dengan bagus, namun ketika gripnya pudar, kami lebih menderita jika dibandingkan dengan yang lainnya. Kami memiliki sejumlah ide untuk membuat bannya bertahan lebih lama saat membalap di sini

No comments:

Post a Comment

support