Tuesday 8 May 2012

Paket Komplit Ducati Siap Untuk Laguna Seca

Duo pembalap Ducati Valentino Rossi dan Nicky Hayden akan harus menunggu hingga seri Laguna Seca untuk mendapatkan update paket komplit motor Desmosedici GP12

Update tersebut terdiri dari mesin dan chassis yang mendapatkan modifikasi baru untuk memperbaiki aspek drivability untuk memperhalus tenaga agresif dari GP12. Akibat pembatalan tes Estoril pada Hari Senin akibat cuaca buruk, maka Tim Ducati akan mulai melakukan uji coba sejumlah update komponen baru pada tes privat pertama yang diadakan di Sirkuit Mugello, Italia pada 22-24 Mei mendatang.
Filippo Preziosi menjelaskan: ”Kami sedang bekerja dalam upaya untuk memperbaiki driveability. Bagian dari mesin ini memiliki lebih banyak torsi pada rpm rendah dan tenaga yang lebih sedikit pada rev yang tinggi, untuk membantu ketika para pembalap membuka throttle saat mencapai sudut rebah maskimum.”
Dengan pemakaian mesin baru tersebut diharapkan juga dapat mengatasi gejala understeer yang selama ini telah banyak dikeluhkan oleh Valentino Rossi.
“Respon yang lebih halus juga bisa menghindari terjadinya understeer,” kata Preziosi. “Namun kami juga tengah melakukan pekerjaan lain terhadap sasis untuk mengurangi understeer. Kami rasa kami bisa menyelesaikan update paket komplit untuk seri Laguna Seca.
“Rencana kami selanjutnya adalah melakukan tes di Mugello bersama Valentino pada Mei, kemudian Nicky akan melakukan tes pada Mei, Juni dan Juli. Tes yang diadakan pada bulan Juli adalah tes sehari setelah mengikuti balapan sedangkan tes pada bulan Mei dan Juni merupakan uji coba yang digelar secara privat. Kami akan mengetes sejumlah hal baru sejak tes pertama, namun beberapa komponen lain hanya akan siap diuji pada bulan Juni dan Juli.”
Dengan adanya pembatasan pemakaian enam mesin dalam satu musim, maka mesin baru tersebut baru bisa dipakai mulai balapan GP Inggris yang digelar di Sirkuit Silverstone. Kemudian, upgrade paket motor yang lebih komplit bisa dipakai saat balapan GP Amerika Serikat yang akan diadakan di Sirkuit Laguna Seca.
Artinya, Valentino Rossi harus puas membalap dengan spesifikasi mesin yang ia pakai saat ini dalam melakoni balapan kandang MotoGP Italia di Sirkuit Mugello.
“Di balapan Mugello kami tidak akan memiliki update paket yang lengkap karena paket drivability mesinnya berkaitan dengan pemakaian mesin itu sendiri,” kata Preziosi.
“Jika para pembalap senang dengan pengubahan tersebut, maka kami siap untuk menyediakan mesin yang ketiga dengan spesifikasi baru di Silverstone. Rencana kami adalah membuka segel mesin ketiga di Silverstone dan mesin yang keempat untuk balapan Laguna Seca. Jadinya kami takkan memiliki paket baru komplit di Mugello. Sangat disayangkan karena Valentino sangat menyukai balapan di kampung halamannya itu.”
Preziosi bertekad untuk mengikuti arah pengembangan yang dipilih Valentino Rossi agar motor GP12 dapat memberi rasa nyaman seperti yang telah lama diharapkan oleh juara dunia MotoGP sebanyak sembilan kali tersebut.
“Kami yakin kalau motor yang disukai Valentino akan menjadi tunggangan yang bagus untuk semua pembalap,” ujar Preziosi. “Kami sedang melakukan yang terbaik untuk mengikuti arah pengembangan yang ia sarankan, dimana saat ini apa yang kami lakukan belum cukup untuk melampaui kecepatan Honda. Pastinya kami akan mencoba untuk mengikuti arah yang sudah ditunjukkan oleh Valentino.”
Untuk urusan set up, Ducati memberi kewenangan sepenuhnya untuk Jerry Burgess -selaku crew chief Valentino Rossi- dalam pengambilan keputusan final.
Filippo Preziosi menambahkan: “Kami memberi Jeremy 100% kebebasan untuk menganalisa set up apa yang terbaik buat Valentino. Sebagai orang yang bekerja di dalam Ducati, tugas kami hanyalah untuk menyediakan material. Kami bisa menyarankan ide yang kami miliki, tetapi keputusan akhir dibuat oleh Jeremy yang mendiskusikannya dengan Valentino.”

No comments:

Post a Comment

support