Tuesday 22 May 2012

Hari Ini Ducati Fokus Uji Update Komponen

Ducati kembali fokus untuk menjinakkan tenaga buas motor Desmosedici GP12 untuk memperbaiki penampilan mereka saat membalap di kondisi lintasan kering. Segenap tim Valentino Rossi dan Nicky Hayden diagendakan untuk menjelajahi sejumlah update komponen baru dalam sesi tes privat yang digelar di Sirkuit Mugello pada 22-24 Mei.

Seperti biasa, Ducati tak ingin hanyut oleh euforia setelah Valentino Rossi mampu mengakhiri balapan MotoGP Prancis di podium kedua yang merupakan prestasi terbaik pembalap asal Italia tersebut sejak dirinya menjejakkan kaki dalam garasi Ducati pada musim lalu.
Pada tes privat pertama musim 2012 kali ini, Ducati akan mencoba modifikasi baru pada mesin, elektronik maupun sasis untuk memperhalus tenaga motor GP12 yang diharapkan menjadi sebuah siasat untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan problem understeer yang kerap dikeluhkan, terutama oleh Valentino Rossi.
Tes kali ini juga merupakan bagian dari serangkaian uji coba Ducati untuk menyiapkan upgrade paket motor baru. Jika Rossi dan Hayden menyukai modifikasi mesin yang baru, maka keduanya bisa memakai update tersebut paling cepat mulai balapan GP Inggris yang diselenggarakan di Silverstone Juni mendatang.
Ducati juga dikejar waktu untuk menyiapkan paket komplit upgrade motor GP12 pada seri pertama paruh kedua MotoGP 2012 di Laguna Seca.
Ducati masih kesulitan untuk tampil maksimal dalam kondisi trek kering. Tetapi Valentino Rossi mengklaim sudah terdapat sejumlah perbaikan semenjak dirinya memakai set up yang mirip dengan yang dipakai oleh teammatenya Nicky Hayden. Settingan tersebut sudah dipakai Rossi sepenuhnya saat menjalani akhir pekan balapan di Estoril.
Hasilnya, Rossi mampu meraih hasil kualifikasi terbaik pada musim ini dengan memulai balapan GP Prancis dari posisi ketujuh. Sesi kualifikasi yang digelar Sabtu lalu tersebut berlangsung dalam kondisi trek kering namun temperatur lintasan dingin.
Valentino Rossi mengatakan: “Sejak Portugal, kami sudah memiliki sebuah set up dasar yang bagus dimana kami bisa bekerja melalui cara yang baik. Akhir pekan ini kami meraih hasil kualifikasi terbaik dan juga pada kondisi kering kami tidak tampil begitu buruk. Sayangnya kami membalap lebih lambat pada kondisi lintasan kering dan kami harus bertarung untuk memperebutkan posisi yang lebih buruk. Tetapi minggu depan kami akan memiliki sejumlah tes penting di Mugello dimana kami akan mencoba sejumlah komponen baru.”
Ketangguhan motor Ducati GP12 saat dibesut dalam kondisi basah masih menjadi misteri bagi pabrikan asal Bologna tersebut.
“Hal yang aneh adalah kalau salah satu titlk kelemahan kami saat membalap pada trek kering yakni akselerasi, berubah menjadi titik kelebihan kami hari ini,” kata Valentino Rossi. “Mungkin hal tersebut dikarenakan kami memangkas tenaga saat hujan dan bisa memaksimalkan tenaga yang ada dengan cara yang lebih baik. Bahkan masalah understeer dapat diminimalisir saat kondisi lintasan basah. Akhirnya saya menyimpulkan kalau setiap motor memiliki karakteristik DNA tertentu dan Ducati memiliki reputasi bagus saat kondisi lintasan basah.”
Menatap balapan seri kelima yang akan diadakan di Sirkuit Catalunya, Valentino Rossi tidak berfantasi terlalu tinggi untuk dapat bertarung memperebutkan podium. Terlebih balapan di Catalunya kerap digelar pada kondisi cuaca terik. Mangsa utamanya adalah duo ‘Monster’ Yamaha Tech3 yang kerap bersaing ketat pada grup kedua.
Rossi menambahkan: “Tentu saja bukan untuk bertarung memperebutkan podium karena kami masih harus berjuang keras di saat kondisi kering. Tujuan kami adalah untuk bisa lebih dekat dengan pembalap satelit Yamaha, namun kecepatan kami tidak terlalu jauh dari mereka”

No comments:

Post a Comment

support