Sunday 29 April 2012

Rossi dan Tim Bingung Memahami Ducati GP12

rossiqualifyingjerez
Valentino Rossi dan timnya di Ducati merasa kehabisan akal untuk memperbaiki penampilan mereka saat membalap dengan mempergunakan motor Desmosedici GP12.

Rossi kembali menuai hasil yang mengecewakan setelah menjadi pembalap prototype paling lambat yang menyelesaikan 60 menit sesi kualifikasi MotoGP Spanyol yang berlangsung dalam kondisi trek kering. Artinya, The Doctor harus puas start dari grid ke-13 pada balapan selama 27 lap yang diadakan di Sirkuit Jerez pada Hari Minggu.
Menurut Rossi, pengalaman tim selama 30 tahun dalam berkutat dengan berbagai tipe motor tidak dapat diaplikasikan untuk menjadikan motor Ducati GP12 lebih cocok terhadap gaya balapnya.
Valentino Rossi telah memeriksa data milik Nicky Hayden yang mampu mengamankan start di posisi tiga. Dari situ, Rossi mengetahui kalau Hayden mampu melaju lebih cepat saat menikung. Tetapi sayang, gaya balap Hayden yang berbeda dengannya membuat Rossi tidak dapat meniru riding style teammatenya tersebut agar mampu meningkatkan corner speed.
Bagaimanapun, Valentino Rossi membantah kalau memiliki kru yang sebelumnya berpengalaman terhadap motor Ducati akan memberinya pertolongan yang lebih baik untuk memahami tunggangannya tersebut. Ia bersikukuh untuk mempertahankan krunya saat ini yang dikepalai oleh Jeremy Burgess.
Valentino Rossi yang bakal melakukan start ke-200 di kelas MotoGP pada balapan GP Jerez menjelaskan, “Masalah yang menimpa tim saya sama persis seperti yang saya alami. Saya sudah membalap banyak sekali motor yang berbeda dan saya tahu apa yang harus saya lakukan untuk melaju cepat. Tapi sayangnya pengetahuan kami itu tidak bekerja saat memakai motor Ducati dan tim saya berada di situasi yang sama.
“Mereka bekerja 30 tahun dengan motor yang berbeda dan semua trik yang mereka tahu untuk memperbaiki settingan motor untuk melaju kencang, dan untuk memenangkan balapan, tidak berhasil untuk motor ini.
“Nicky membalap dengan bagus untuk start di barisan depan dan dia bisa membalap motor tersebut lebih baik daripada saya, terutama untuk melaju cepat saat berbelok dan mencapai sudut rebah maksimal ketimbang yang dapat saya lakukan. Dan usaha Hayden tersebut dapat menghasilkan kecepatan lebih kencang saat memasuki tikungan.
“Untuk alasan ini kami harus bekerja untuk mencoba menyelesaikan masalah itu dan memahami settingan Nicky yang sangat berbeda daripada settingan kami.
“Saya sudah membalap dengan banyak motor yang berbeda dan diharuskan untuk memodifikasi gaya balap saya namun pada akhirnya hasilnya tak banyak berubah. Gaya saya bagus untuk motor yang lain, tetapi untuk yang ini, malah menghasilkan masalah yang lebih banyak. Nicky membalap dengan sangat berbeda dibandingkan dengan saya. Namun bagi saya, untuk mencontohnya sangat sulit. Semua yang saya lakukan terhadap motor ini tidak bekerja, jadi kami sangat jauh dari kondisi mental yang bagus.”
Race MotoGP Jerez berpeluang besar dikacaukan oleh kondisi cuaca yang tidak menentu dan Valentino Rossi menambahkan, “Bagaimanapun kami membalap lebih baik dalam cuaca basah, jadi kita akan lihat bagaimana cuacanya saat balapan besok.”

No comments:

Post a Comment

support