Friday 6 April 2012

Chatter Masih terror Duo Honda Di Qatar

Duo pembalap Tim Repsol Honda masih diterpa permasalahan getar pada motor RC213V saat memasuki tiap tikungan di Sirkuit Losail, Qatar. Meskipun mengurangi rasa kepercayaan dirinya tetapi masalah tersebut tidak memperlamban laju Casey Stoner untuk menjadi pembalap tercepat dalam sesi free practice pertama MotoGP Qatar yang berlangsung kemarin.

Beruntung pada sesi latihan bebas yang berlangsung selama 45 menit tersebut Casey Stoner dapat mengurangi problem getar hingga batas yang dapat ditoleransi, dan Juara dunia MotoGP 2011 tersebut menjelaskan: “Saya kira pada malam ini kondisi treknya tidak terlalu buruk dan saya perkirakan keadaannya akan lebih buruk karena biasanya kami melakukan tes di trek ini sebelumnya.
“Kami memulai akhir pekan ini dengan masalah besar terhadap getar dan saya sedikit merasa takut kalau kami tidak dapat menyelesaikannya. Tetapi kami mengurangi banyak masalah getar selama sesi ini dan hal tersebut merupakan poin positif. Masalah getar tersebut tiga kali lebih buruk daripada di Sepang namun kemudian kami menguranginya hingga jumlah yang normal.
“Kami lega karena saat dua kali pertama kami turun ke lintasan kondisinya tak dapat dipercaya. Saya pikir keadaannya sangat buruk. Kami membuat kemajuan dan saat terakhir kakinya turun ke lintasan saya bisa lebih merasakan kondisi lintasan yang licin dan kotor dan pada saat itu Anda merasakan lebih banyak getaran yang tak membuatmu merasa percaya diri.
“Masalah getar tersebut terjadi di setiap tikungan. Saat saya merebahkan motor 50% masalah tersebut tidak terasa terlalu buruk namun saat merebahkan motor dengan sudut maksimum, rasanya bagai bencana. Rasanya tak nyaman dan tak memberi saya rasa pede namun kami bisa membalap tanpa masalah dengan chatter pada akhir sesi.”
Sementara team matenya Dani Pedrosa yang finish kelima pada FP1 mengatakan: “Ada sejumlah tikungan dimana kami harus berjuang keras melawan problem getar, terutama pada area dimana Anda mengalami sliding yang lebih banyak. Namun kami harus beradaptasi sebaik mungkin.
“Saat pertama kali keluar lintasan saya bermasalah dengan ban dan harus berhenti di garasi. Saya merasakan adanya vibrasi di roda, jadi kami memutuskan untuk mengganti kedua ban. Saya kehilangan sejumlah waktu akibat hal itu dan saat akhir latihan saya sempat melebar dua kali. Bagaimanapun menyenangkan untuk bisa turun ke lintasan dan mendapatkan feeling terhadap trek ini setelah lama kami tak balapan di sini.
“Dengan adanya dua sesi free practice besok, kami akan bekerja untuk membenahi sasis dan elektronik sebagai persiapan untuk balapan.”

No comments:

Post a Comment

support