Saturday 31 December 2011

Akhir 2011 Yamaha berpisah dengan Petronas

Selain harus ‘say bye’ kepada tahun 2011, Yamaha harus rela mengucapkan selamat tinggal kepada sponsor Petronas mulai 2012.

Petronas merupakan perusahaan raksasa migas yang dimiliki oleh pemerintah Malaysia. Pada tahun 2010 lalu, Yamaha juga kehilangan sponsor mereka, FIAT.
Selama bermitra bersama Yamaha selama tiga tahun, keduanya mencapai keberhasilan besar dengan dikukuhkannya kedua pembalap mereka, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang menjadi pemegang titel juara dunia MotoGP pada tahun 2009 dan 2010.
Sepeninggal FIAT pada 2010, Petronas menjadi sponsor Yamaha yang paling menonjol pada tahun ini. Menurut SportsPro Magzine pada tahun 2009 lalu, kontrak Yamaha-Petronas ini bernilai $24 juta atau sebanding dengan $8 juta per tahun.
Rencana kerjasama Petronas tersebut memang akan berakhir setelah tiga tahun, untuk itulah bos Yamaha Factory Racing, Lin Jarvis mengatakan kalau persetujuan antara Yamaha dan Petronas telah mencapai ‘akhir yang natural’.
Namun dengan berakhirnya dukungan dari Petronas ditambah dengan biaya untuk balapan di MotoGP yang semakin menjulang tinggi, maka Yamaha sedang berada dalam situasi yang buruk, bukan hanya untuk pendanaan bagi tim yang terus melakukan pengembangan pada tunggangan M1 mereka tetapi juga dalam penawaran nilai kontrak terhadap kedua pembalapnya, Jorge Lorenzo dan Ben Spies yang mana masa kontrak mereka akan habis pada tahun 2012.
Pada tahun depan hanya Yamaha Motor Kencana Indonesia dengan “Semakin di Depan”-nya yang kemungkinan bertahan sebagai supporter. Perusahaan penerbangan AirAsia juga mempunyai potensi untuk menjadi suksesor Petronas.
Yamaha Malaysia 2011
Lin Jarvis mengatakan, “Hubungan antara Yamaha dan Petronas menghasilkan kesuksesan besar, kami telah bersama-sama menikmati pencapaian besar di kelas MotoGP. Sekarang kemitraan tersebut telah mencapai akhir yang natural. Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan kami yang ada di Petronas atas dukungan mereka selama bersama dengan kami, dan mendoakan yang terbaik bagi masa depan mereka.”

No comments:

Post a Comment

support